Sejarah Teknology Kamera

OTO TI - Bagaimana sejarah lahirnya kamera?.Kamera kini ada di mana-mana dan semakin mudah dipakai.

Kini siapa saja bisa mengabadikan saat-saat mengasyikkan. Soalnya hampir setiap handphone  kini ada kameranya. Caranya bisa dengan merekam lewat video atau kamera.Liburan memang menyenangkan. Berbicara tentang kamera, bagaimana, ya, sejarahnya? Karto/XY-Kids!. Saat-saat seperti itu harus diabadikan supaya bisa dikenang terus.

 

Kamera Obscura.

Kamera pertama yang tercatat dalam sejarah adalah kamera obscura. Obscura  berasa dari bahasa Latin yang berarti ruang gelap. Kamera ini dikembangkan pertama kali oleh Alhazen antara tahun 965-1039 Setelah Masehi. Di dalamnya dipantulkan cahaya yang terdiri dari dua lensa konveks.. Namun, sebenarnya cara kerja kamera ini sudah ada sejak 470-390 Sebelum Masehi yang ditemukan oleh seorang filsuf China, Mozi. Kamera ini berbentuk ruangan khusus.

Kamera Portable Obscura.

Kamera ini sering kita lihat di film-film bertema jaman dahulu. Kamera ini memakai lampu kliat yang meledak dan mengeluarkan asap.Pada tahun 1960-an, seorang peneliti Inggris, Robert Boyle dan pembantunya Robert Hooke, menemukan kamera portable  (bisa dipindah-pindah) obscura.. Penemuan mereka ini disempurnakan lagi oleh Johann Zahn tahun 1685.

Merekam Gambar.

Dia bekerjasama dengan Joseph Nicephore Niepce yang lebih dahulu sukses. Hasilnya pun masih buram.Orang yang berjasa menyempurnakan kamera adalah Jacques Daguerre. Tahun 1837, dia mengembangkan cara membuat foto, yang kemudian disebut daguerreotype. Sebagai jasanya, pemerintah Perancis memberi pensiun seumur hidup kepada Daguerre dan anak Niepce. Meski begitu, mereka kemudian memberitahukan penemuan itu ke masyarakat. Prosesnya menggunakan lempengan copper  (tembaga). Orang harus bergaya di depan kamera selama 8 jam untuk menghasilkan satu foto. Daguerre adalah seniman asal Perancis yang ingin membuat gambar lebih bagus. Tapi proses pembuatan foto ini tidak praktis. Niepce tidak menerima penghargaan itu karena sudah meninggal lebih dulu. Niepce sebenarnya sudah membuat foto di tahun 1826.

Cetak Banyak.

Penemuan  Daguerre luar biasa, meski cuma bisa mencetak satu kali. Meski cetakannya tidak sebagus foto Daguerre, tapi dia bisa memperbanyak hasilnya. Teknologi ini ditemukan William Fox Talbot dari Inggris tahun 1844. Kemudian muncul teknologi baru calotype  yang bisa memperbanyak foto lewat kertas film negatif.

Cetak Cepat.

Setelah Daguerre dan William Talbot, tahun 1852 Frederick Scott Archer membuat temuan mencetak foto lebih cepat. Prosesnya, gambar sudah dicetak ketika plat masih basah. Teknik ini dinamakan collodion. Hanya dalam waktu kurang dari lima detik, foto udah tercetak.

Bahan gelatin.

Bahan ini menggantikan plat fotografik..Tahun 1871, Richard Maddox menemukan gelatin, sebuah bahan untuk mencetak foto. Ketika itu, kamera sudah ada yang lebih handy  alias bisa ditenteng. Dengan penemuannya ini, gambar bisa dicetak lebih banyak dan kualitasnya lebih bagus.

Abad ke-20.

Setelah itu, film berwarna berlapis yang disebut Kodachrome ditemukan. Misalnya ditemukannya film berwarna tahun 1901.Memasuki abad ke-20, penemuan di bidang kamera terus berlanjut. Belakangan ditemukan lagi kamera digital. Kodak juga menemukan film berukuran 35 mm yang sangat populer itu..

Gimana Sejarah Teknology Kamernya Keren Bukan Apalgi Sekarang Banyak Yang Suka Selfi Termasuk Ane opsss hheheheheeh. Sekian Untuk Artikel Ane Siang Ini Saya Ucapkan Terima Kasih Dan Jangan Lupa Komentar Di Bawah Ya Heeeheheheheehh. Byeee

Featured post

Cara Membuat Report Dengan Crystal Report Di VB.net Dengan Database MySQL

OTO TI - Pada kesempatan ini kami akan memberikan tutorial Cara   Membuat Report Dengan Crystal Report Di VB.net Dengan Database MySQL . Di...